Wednesday, August 25, 2010

ROMACE SCAMMING (ID)

Maraknya bentuk dan modus penipuan kelas cyber di dunia terkadang sulit untuk terdeteksi alias ‘terselubung’ dan terorganisir dengan baik tapi sebenarnya tidak, itu hanya karena kita kurang pengetahuan tentang apa yang sedang kita hadapi itu sendiri. Di kesempatan kali ini saya akan menjelaskan sedikitnya modus penipuan kelas cyber yang baru saya alami dan sadari sekitar 2 jam yang lalu tentang “ROMANCE SCAMMING” versi dan bentuk yang saya alami dari dunia cyber scammer

TOLONG DI BACA BENAR BENAR FAQ INI sebelum anda mengajukan pertanyaan.. atau silahkan googling lagi kalo emang belum jelas !!


T: Apa sih ini?
J: Lihat diatas. Jika itu tidak membantu, baca terus.

T: Apa sih ROMANCE SCAMMING ?

J: ROMANCE SCAMMING adalah penipuan bermodus cinta lewat komunikasi cyber ataupun telepon atau dalam garis besarnya, modus membuai korban dengan romantisme dan janji manis.

T: Saya terdaftar di salah satu online dating site/situs jejaring, bagaimana saya tau kalau orang yag berhadapan dengan saya adalah scammer ?

J: Romace Scamming biasanya menyuguhkan sesuatu yang sangat real bahkan hampir nyata hingga korbannya terbuai dengan rayuan mesra dari si scammer, biasanya dilakukan oleh orang BULE atau bahkan NIGERIA anda tentunya akan merasa bahwa si scammer benar benar mencintai anda apalagi dia akan datang ke tempat bahkan negara anda dalam waktu waktu dekat ini (saya jelaskan lebih intensif di bawah)

T: Ya, tapi dia orang yang baik.. dia juga memberikan saya identitasnya, latar belakang keluarga, maupun pekerjaannya. . kami berkenalan dan membangun komunikasi yang cukup intensif

J: BELUM! Itu adalah tahap permulaan dari modus ini

T: Dia tidak pernah meminta uang dari saya bahkan malah dia akan mentransfer sejumlah uang kepada saya.

J: Apa dia menanyakan nomer rekening bank anda? Disanalah tahap yang harus diwaspadai, nomer rekening anda sangat riskan bahkan dikehidupan nyata oleh orang-orang disekitar anda. Jangan pernah memberikan nomer rekening anda dalam alasan apapun, jikalau memang dia akan mentranferkan sejumlah uang gunakan Money Gram atau Western Union dan jika dia berkilah bahwa lebih mudah menggunakan nomer rekening antar bank, katakan TIDAK! TIDAK AKAN! Dan jangan pernah memberikan nomer rekening anda apapun alasannya.

T:Kalau begitu apa indikasinya?

J: Seperti yang saya jelaskan tadi, pelaku ini kerap mengaku bule Eropa atau Amerika itu memiliki grammar bahasa Inggris yang buruk. Mereka, kerap melakukan kesalahan dalam menuliskan kosakata dan struktur kalimat. Scammer sekarang lebih terbuka dalam penggunaan WEBCAM CHAT atau VIDEOCALL ketimbang modus terdahulu yang kebanyakan takut menggunakan webcam, sehingga para korban benar-benar percaya bahwa seseorang yang diseberang sana adalah REAL

T: Saya sudah memberikan nomer rekening saya, apa yang harus saya lakukan?

J: Segera telepon customer care bank anda dan lebih baik anda blokir sementara untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Tapi jika anda yakin bahwa account anda kosong, silahkan berlega hati karena modus scamming akan dimulai lebih real pada saat anda berdua bersama

T: Apalagi yang bisa anda jelaskan

J: Pesan saya : JANGAN CEPAT PERCAYA DENGAN ORANG LAIN YANG BARU ANDA KENAL ATAUPUN YANG SUDAH LAMA ANDA KENAL DIDUNIA CYBER ATAUPUN NYATA karena bisa saja tanpa anda sadari, andalah korbanya


T: Saya sangat malas mebaca post ini, apa ada indikasi bahwa orang tersebut adalah spammer

J: Biar saya berikan bukti nyatanya, semoga jelas dan bermanfaat juga dipergunakan dengan baik







Jadi intinya :

haruskah anda memberikan nomer rekening anda dan berharap bahwa orang yang 'mencintai anda' diseberang sana akan mengirimkan uangnya ke rekening anda ? tentu jawabannya TIDAK ! :) gunakan WESTERN UNION atau MONEY GRAMS lainnya agar lebih aman

No comments:

Post a Comment